Undercover Marketing

11.18 / Diposting oleh nivra / komentar (0)

UNDERCOVER MARKETING

Undercover selalu menarik perhatian, karena dia samar-samar, memancing rasa ingin tahu, dan membuat orang penasaran. Macam buku Jakarta Undercover yang dicetak berulang-ulang itu. Artikel ini tidak dimaksudkan untuk membahas buku yang penjualannya lumayan bagus itu, tapi kebetulan saja ada kaitan tak langsungnya.

Segala sesuatu yang samar selalu mengundang perhatian. Disadari maupun tidak, secara psikologis orang akan tertarik untuk menjadi bagian dari pengurai kesamaran. Karakter yang sangat manusiawi. Para pemasar pun cukup jeli melihat fenomena yang satu ini. Bukankah inti pemasaran adalah memahami manusia (konsumen) dalam rangka memenuhi kebutuhannya? Ciri yang sangat manusiawi ini disambar untuk menjadi salah satu alternatif strategi pemasaran.

Dengan cerdiknya pemasar mengemas ciri ini dan merekayasanya sebagai strategi alternatif dalam mempromosikan produknya. Apalagi khalayak sasaran sudah jenuh dibombardir dengan cara pemasaran konvensional. Cara konvensional acap lebih menempatkan konsumen sebagai obyek semata. Obyek yang bisa dijejali dengan produk maupun citra yang wah lewat para pesohor, tanpa konsumen dapat merasa terlibat di dalamnya. Di sini konsumen hanyalah orang pinggiran belaka.

Strategi alternatif ini direkayasa sedemikian rupa. Setting-nya dibuat sealamiah mungkin yang melibatkan orang-orang biasa yang tidak menyedot perhatian. Tujuannya agar khalayak sasaran tidak menyadari bahwa mereka telah menjadi bagian dari proses pemasaran sebuah produk atau jasa. Inilah mengapa pendekatan ini acap disebut dengan undercover marketing. Kuncinya lolos dari radar konsumen maupun kompetitornya, seperti pesawat siluman Stealth. Tak heran jika strategi ini juga disebut stealth marketing.

Dari modus operandinya yang bertumpu pada penyamaran dan bukan mengikuti arus pendekatan yang lazim, strategi ini boleh digolongkan dalam guerrilla marketing.

Lantas karena tujuannya yang utama adalah menghasilkan desas-desus (buzz) alias pembicaraan dari mulut ke mulut yang sifatnya spontan (spontaneous words of mouth), gratis dan bahkan lebih mudah dipercaya, sebagian orang lebih suka menamainya buzz marketing. Kendalanya pemasar cenderung sulit memprediksi keluarannya, tidak mudah untuk mengkalkulasi dampak yang dihasilkan. Tetapi begitu cara ini berhasil, desas-desus ini muncul sebagai publisitas yang gampang menyebar, menginfeksi dari orang yang satu ke orang yang lain seperti virus (viral marketing).

Spontanitas itulah kata kunci yang dicari pemasar. Pada pemasaran jenis ini dibangkitkan rekomendasi spontan yang muncul dari konsumen kepada temannya. Dengan demikian aspek dibeli dan dibayar dari transaksi ini harus disembunyikan. Hubungan yang terjalin tidak dalam iklim bisnis, tapi antar teman. Tentu saja dalam hal ini karyawan dari perusahaan terkait tidak cocok untuk bermain dengan skenario ini, termasuk juga pesohor. Kecuali jika mereka ini bisa berperan secara meyakinkan dalam menunjukkan antusiasnya terhadap produk tersebut.

Contoh sukses dari strategi ini seperti apa yang dilakukan oleh Sony Ericsson. Ketika mempromosikan ponsel berkamera mereka mengusung topik kampanye turis gadungan (fake tourists). Untuk mementaskan skenario ini dengan merekrut enam puluh orang dengan tampang polos yang dipilihnya untuk menjadi aktor jalanan di sepuluh kota. Modus operandinya, mereka menyamar sebagai wisatawan dan minta tolong dipotret dengan ponsel kamera tadi. Begitu selesai bilang Thanks a lot, man. It's cool, right?" Ucapan terima kasih dengan pesan yang singkat dan jelas setelah trial, diucapkan tanpa ada kesan menjual yang berlebihan. Mirip dengan soft selling yang disampaikan selayaknya ngobrol, tanpa kesan untuk memaksa. Bedanya, pesan yang disampaikan tidak disadari oleh konsumen sebagai menjual karena tersamar skenario turis gadungan tadi. Siapa yang menyangka kalau turis gadungan tadi sebagai pihak yang dibayar Sony Ericsson untuk mempromosikan produknya ?

Sebaliknya, jika pemasar gagal menyembunyikan kepentingan terselubung ini, akibatnya bisa fatal. Konsumen yang terbuka tanpa perlindungan akibat ketidaktahuan penyamaran ini akan kehilangan kepercayaannya. Lebih parah lagi, konsumen bisa merasa dipermainkan, dimanipulasi untuk menyukai produk ini. Ujung-ujungnya, asosiasi yang muncul justru mislead. Dalam konteks ini, agar dapat menimbulkan desas-desus ini digunakan pengumpan sehingga undercover marketing berubah menjadi roach baiting.

Namun hati-hati jangan sampai menjadi bumerang bagi pemasar. Alangkah eloknya jika strategi dibuat jangan sampai melanggar rambu-rambu yang ada. Apakah rambu-rambu yang berupa kode etis, maupun perhitungan bisnis yang rasional. Jangan sampai aspek unik dan berkesan yang ingin diciptakan diperoleh dengan menghalalkan segala cara. Sensasional memang bagus sampai batas tertentu saja, sebatas masih mendukung reputasi yang positif untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Karena bisa dibayangkan jika ujung-ujungnya justru terjerat tuntutan hukum, akan menjadi promosi yang buruk bagi kredibilitas perusahaan dan justru kejeblos menjadi negative words of mouth.

Selain dengan memakai orang-orang biasa, strategi ini bisa dijalankan melalui penempatan barang (product placement) yang direkayasa agar tidak seperti promosi. Film James Bond merupakan salah satu media favorit orang untuk menempatkan produk yang berbau teknologi. Di Indonesia, Indonesia Idol terlihat banyak dipakai untuk menempatkan produk. Yang tak kalah menariknya juga adalah penempatan di media mailing list atau yang lebih populer disebut milis.

Sesungguhnya penekanan strategi ini bukan pada soft sell dan bukan pula hard sell, tapi secret sell. Berbeda dengan sneaky marketing macam yang dilakukan Coca Cola dengan membayar McDonald untuk memastikan bahwa tidak ada pilihan minuman selain produknya di situ. Cara membedakannya adalah, jika konsumen benar-benar mengetahui apa yang terjadi, apakah reaksinya berbeda ?

Sebagai strategi penyusupan ke dalam wilayah konsumen, gampangnya bisa dibilang sebagai strategi caper (cari perhatian), atau bahkan curi perhatian. Terlihat jelas dari operasionalisasinya, strategi ini irit dalam biaya. Menghitung resiko dan hasilnya, strategi ini cocok dipakai sebagai satu bagian dari strategi yang lebih luas. Misalnya sebagai bagian dari Marketing PR. Apalagi bagi industri yang penuh dengan barrier macam industri rokok. Dapat pula diterapkan bagi pendatang baru dalam industri yang ketat persaingannya, atau untuk menghadapi kompetitor raksasa yang sudah mapan.

Kreatif atau subversif tergantung bagaimana mendesain dan mengeksekusinya. Sedangkan sebagai konsumen yang dijadikan target, sebaiknya mengikuti saja pesan berikut, Smile, youre in candid camera!

Read More.. Label:

BAGAIMANA PEMIMPIN KOMUNIKASIKAN PENUGASAN

11.04 / Diposting oleh nivra / komentar (0)

BAGAIMANA PEMIMPIN KOMUNIKASIKAN PENUGASAN

Memotivasi anak buah dan melakukan komunikasi penugasan merupakan esensi dari tugas pemimpin untuk “menggerakkan” mereka menuju tujuan organisasi, dan dalam jangka yang lebih panjang untuk mencapai visi.

Agar pemimpin dapat memotivasi anak buah dengan lebih mudah, diperlukan kemampuan menunjukkan "makna" pekerjaan yang akan dilakukan dan menunjukkan "keuntungan" yang akan diraih. Akan tetapi, tidak semua keuntungan “masa depan” dapat dinyatakan dengan mudah. Perlu kepandaian berkomunikasi untuk menggambarkan peluang pencapaian di masa depan secara meyakinkan. Tantangan seperti inilah yang dihadapi pemimpin masa kini: bagaimana mengubah pola pikir jangka pendek menjadi jangka panjang, yang berarti dituntut kemampuan untuk menggambarkan “skenario keberhasilan masa depan”.

Kadangkala anak buah kehilangan motivasi karena tidak dapat melihat “makna” dan “keuntungan” dari apa yang sedang dilakukan. Dalam kondisi seperti ini, pemimpin perlu memberikan "tanda-tanda" kemajuan dan keberhasilan yang telah dicapai, untuk mengembalikan kepercayaan diri mereka.

Dalam kondisi stagnan dan timbul banyak masalah, peran pemimpin beralih untuk memberikan dukungan nyata terhadap proses penyelesaian masalah. Maksudnya agar anak buah tetap dapat mempertahankan semangat kerja dan dapat melihat peluang perbaikan, yang bermuara kepada kembalinya kepercayaan dan motivasi diri.

Salah satu upaya memotivasi adalah pengembangan diri anak buah agar mampu memimpin diri sendiri. Proses pembentukan "kepemimpinan diri sendiri" setiap anak buah tidak mudah, dan akan lebih cepat terbentuk jika terdapat keteladanan, menyediakan sarana introspeksi diri yang komprehensif dan menciptakan iklim kerja yang kompetitif.

Penerapan pola kepemimpinan berdasarkan motivasi ini mengharuskan kerendahan hati pemimpin untuk menerima kenyataan bahwa kontribusi setiap orang dinilai tidak hanya dari "posisi" dalam hirarki organisasi saja, tetapi justru dari "peran" yang dimainkan.

Pemimpin juga memiliki tanggung jawab untuk menjadi "direction setter" dan menjadi "energizer" melalui kemampuan untuk menjaga kehadiran antusiasme secara berkesinambungan. Pemimpin tidak berhenti pada upaya “menjaga arah” saja, tetapi juga mempertahankan dan bahkan meningkatkan semangat dalam menjalani arah yang telah digariskan, dengan menunjukkan rasa antusias secara berkesinambungan. Jika semangat pemimpin mengendor, yang terjadi adalah penurunan motivasi. Apabila tidak segera diselesaikan, hal ini dapat merembet ke jajaran sumber daya manusia lainnya dan yang muncul kemudian adalah degradasi motivasi di level organisasi.

Dalam kehidupan berorganisasi, motivasi juga dapat ditingkatkan jika pemimpin menunjukkan kepercayaan kepada kapabilitas dan kearifan judgment anak buahnya. Pemimpin memberikan kebebasan hingga derajat tertentu kepada anak buah untuk membuat keputusan sendiri, karena telah dianggap memiliki kemampuan evaluasi manajerial dan operasional yang memadai. Dengan kemampuan ini mereka dianggap memiliki "kebijaksanaan" dalam menentukan apa yang harus dilakukan atau yang harus dihindari. Namun pemimpin terlebih dahulu harus menganalisa kesiapan dan keluasan wawasan anak buah.

Motivasi untuk berkembang merupakan penggerak yang kuat dalam mengembangkan kemampuan memimpin anak buah. Akan tetapi, jangan sampai setelah memiliki kemampuan ini anak buah menjadi congkak. Jika tidak dipantau dan diarahkan dengan benar, kecongkakan ini akan memutuskan hubungan anak buah dengan realitas kehidupan berorganisasi yang sebenarnya dan mengakhiri rasa hormat kepada pemimpin mereka. Akibatnya, tidak hanya pemimpin yang kehilangan "pengikut", tetapi anak buah juga telah merusak diri karena terjebak dalam istana yang dibentuknya sendiri.

Komunikasi Penugasan

Selain mengemban tanggung jawab pembentukan motivasi anak buah, seorang pemimpin juga memiliki tanggung jawab untuk dapat memberikan perintah penugasan melalui pola komunikasi yang sesuai. Hal ini terutama bertujuan untuk menyingkirkan kesan "menggurui", tetapi tetap dapat mencapai sasaran yang diinginkan. Bagaimanakah sebaiknya cara untuk menimbulkan keyakinan diri? Dan pola semacam apakah yang tepat untuk diterapkan bagi kondisi anak buah yang beragam karakternya?

Komunikasi penugasan dapat secara efektif dilaksanakan jika pemimpim mampu berperan sebagai "pembimbing" dalam artian yang sesungguhnya, yaitu yang mampu menerapkan pendekatan yang tepat untuk mempengaruhi anak buahnya. Pemilihan pendekatan komunikasi penugasan harus pula disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi. Seorang pemimpin yang bijaksana sebaiknya tidak menentukan "satu" pendekatan untuk semua anak buah, melainkan memiliki fleksibilitas dalam pemanfaatan pendekatan yang satu ke pendekatan yang lainnya, karena perbedaan karakter anak buah serta spesifikasi aspek-aspek organisasi lainnya.

Dalam memberikan komunikasi penugasan, seorang pemimpin dapat menggunakan pendekatan "persuasi" dan lebih mengutamakan "ajakan", bukan perintah. Dengan demikian terdapat unsur pemberian kebebasan untuk mengambil keputusan, yang tentunya diberikan jika anak buah telah memiliki kedewasaan berpikir. Komunikasi yang bersifat ajakan ini dapat juga dimanfaatkan jika ingin memperoleh dukungan secara sukarela. Tentu saja, agar dapat menerapkan pola ajakan dan persuasi seperti ini, harus mempertimbangakan derajat kepentingan dari permasalahan yang menjadi topik pembahasan dan keterbatasan waktu yang dihadapi. Juga harus dilengkapi dengan pemberian dukungan nyata secara berkesinambungan, serta keterbukaan terhadap kemungkinan kendala yang akan dihadapi oleh anak buah.

Sebenarnya, pemimpin tidak selalu harus menggunakan pola persuasi dan ajakan. Ada kalanya seorang pemimpin justru dituntut untuk menggunakan pendekatan instruksi atau pemberian perintah. Keharusan ini terjadi jika tingkat "urgency" sudah semakin tinggi dan diperlukan pelaksanaan tugas secara cepat.

Sebaiknya, jika pemimpin memberikan perintah penugasan kepada anak buah, sebaiknya juga mengikutsertakan alasan betapa pentingnya pelaksanaan tugas tersebut. Tujuannya agar anak buah segera dapat menerima apa yang ditugaskan dengan sepenuh hati.

Kepemimpinan menuntut kemampuan untuk mengevaluasi dan menentukan secara praktis, kapan saatnya menggunakan pendekatan ajakan dan kapan harus memanfaatkan pendekatan pemberian instruksi dan perintah.

Sumber : Jakarta Consulting Group

Read More.. Label:

PT. PROSYS BANGUN PERSADA as Project Manager

10.46 / Diposting oleh nivra / komentar (0)

PT. PROSYS BANGUN PERSADA is a leading Project Management Consultant in Oil & Gas, Infrastructure, Finance & Banking, Telecommunication, Construction and Properties is growing very fast in Engineering, Procurement, and Construction area, currently searching for highly qualified candidate for the following position:


Project Manager (PM)

Requirement:

- S1 Engineering Degree From Reputable University
- Having an Experience as a Project Manager at least 7 Years in Oil & Gas or Petrochemicals, Cement, Power Plant Project
- Having a good leadership
- Willing to be located Out of Jakarta
- Good Personality, Good Health and Loyal

if you meet the requirement above please download our application form in www.prosys.co.id and send with your complete CV to:
recruitment@prosys.co.id



NOTE : PLEASE STATE YOUR EXISTING SALLARY AND EXPECTED SALLARY

Read More.. Label: , ,

315 Communication as Secretary Adm and others

10.43 / Diposting oleh nivra / komentar (0)

315 Communication, brand activation arm of Kencana Rodo Group currently looking for looking for young, dynamic, self-motivated and qualified candidates to be part of our team

Secretary & Administration


(Jakarta Raya)



Requirements:

• Female, max 30 years old
• Min. 1 years experience in the same position
• Min. D3 degree from a reputable secretary Institutions
• Fresh graduates are welcome, Experienced (preferable)
• Familiar with Finance (preferable)
• Computer literate (familiar with office, excel, etc)
• Able to speak and written in English
• Excellent interpersonal skills, Communicative and able to cooperate with field work environment


Account Manager (Jakarta Raya)

Responsibilities:



• Accountable for maximizing pitching, sales and price realization;
• Ensure continuity of the relationship and operates at multiple levels in the accounts' organizations;
• Prepare the annual account plan and execution;
• Contribute to the development and implementation of local marketing strategies;
• Responsible for filling the funnel management tool and systematically analyzing win & loss deals, expectations, customer satisfaction (NPS), market, competition and trends;
• Responsible for the sales forecast at the assigned accounts;
• Collaboration with channel partners where required;
• Coordinate all internal necessary resources to obtain objectives;
• Ensure concept and quotations are completed and delivered within time limits;
• Ensure any third party person or organization, is properly validated for compatibility / compliance of specifications;
• Responsible for reporting customer feedback according to applicable quality Standard policy and follow up relevant assigned quality & regulatory training in a timely manner.



Requirements:

• High potential leadership;
• Minimum Bachelor degree,
• Min 2 years working experience Activation Agency would be an added advantage;
• Proficient in English both speaking and written;
• Excellent communication & presentation skills;
• Good coordination capability is willing to travel and to spend most of the time in the activity field.
• The incumbent has to have strong drive;
• Good analytical & excellent personal and interpersonal skills; Positive attitude, good self-confidence.


All applications will be treated in the strictest of confidence. If you are a suitable match for this position please send your application to:

team@tigasatulima.com

Read More.. Label: , ,

PT. Merah Cipta Media as Marketing Communication

10.38 / Diposting oleh nivra / komentar (0)

VACANCY FOR MARKETING COMMUNICATION AND ADMINISTRATION FOR PT. MERAH CIPTA MEDIA


Marketing Communication


Min 1 ( one ) year experience in related field
Confident, outgoing and media savvy with deep knowledge of local market
Knowledge of branding and corporate image
Good communication skill with fluency in English
Creative, forward thinking mind
Attractive
Proven organisation skills and ability to work under pressure
Customer focused and services oriented


Administration

Performs administrative and office support activities within the organisation ( includes but not limited to typing, maintain files and filling, photocopying, faxing, maintain simple spreadsheets, manage small projects etc )

Independent
Confident
Cordinate workflow
Maintain procedures manual to ensure consistent performance routines


Interested candidate please send CV to frida@semutapi.com

Read More.. Label: , ,

Cengkareng Golf Club as Spa Theraphyst

10.36 / Diposting oleh nivra / komentar (0)

Cengkareng Golf Club, URGENTLY is looking for the position of :



BACK MASSAGES THERAPHYST / SPA THERAPHYST

(10 positions are available)

General Qualifications :

- Female (Single)
- 19 – 23 years old with minimum height 162cm and proportional
- Good attitude and appearance, Friendly and customer focus oriented
- Able to speak English is preferable
- Able to work under pressure
- Able to work as a team

If you are such as individuals, please submit a comprehensive resume and recent photograph to :

johan@cengkarenggolfclub.com

Read More.. Label: , ,

PT. Trans Ice Baskin Robin as Purchasing Import

10.34 / Diposting oleh nivra / komentar (0)

PT. TRANS ICE BASKIN ROBIN

PT. Trans Ice adalah pemegang franchise premium ice cream Baskin Robbins di Indonesia yang berada di bawah payung TRANS CORP(PARAGROUP). Sejalan dengan perkembangan perusahaan, kami membuka peluang karir untuk profesional muda, untuk posisi sbb :

1. PURCHASING IMPORT (PI)

Kualifikasi :

* Laki-laki Usia Max. 32 thn
* Pendidikan min. D3 Semua Jurusan (S1 Lebih diutamakan)
* Pengalaman min. 1thn dibidangnya
* Energik dan memiliki komunikasi verbal yang baik
* Bersedia melakukan perjalanan dinas


Kirimkan CV beserta photo terbaru anda kealamat :

email : hrd@baskin31.com
Cc : ap_ri01@yahoo.com

Read More.. Label: , ,

PT. Goodyear Indonesia as Marketing Communication Specialist

10.30 / Diposting oleh nivra / komentar (0)

GOODYEAR INDONESIA, PT

Goodyear is one of the world's leading tire companies. Together with its U.S. and international subsidiaries and joint ventures, Goodyear manufactures and markets tires for most applications. It also manufactures and sells several lines of power transmission belts, hose and other rubber products for the transportation industry and various industrial and consumer markets, as well as rubber related chemicals for various applications. Goodyear is the world's largest operator of commercial truck service and tire retreading centers. In addition, it operates more than 1,800 tire and auto service center outlets.

Goodyear employs more than 75,000 associates worldwide and manufactures its products in more than 90 facilities in 28 countries. Goodyear Indonesia is now looking for the talented people with a passionate, enterprising spirit to help us shape the future of our business in Indonesia, located in Bogor, West Java. These are people who enjoy responsibility, strive to achieve, open to change and have a collaborative style. The current opportunity is:

Marketing Communication Specialist

Requirements :

* Bachelor Degree in Public Relation, Communication, Advertising or related
* Approximately 1-2 years experience, including experience in advertising and marketing
* Outgoing personality, internet savvy, in touch with current trend in lifestyle and automotive
* Excellent communication, presentation and writing skills
* Excellent in English, verbal and oral
* To be located in Bogor

If you have the above profile and wish to be part of our team, please send your maximum 2 pages of resume (Max. 100 KB) with current photograph to :
Human Resources Department -> recruitment_indonesia@goodyear.com (Please put the code as subject on e-mail).

Only short list candidate will notified, therefore those who do not meet with the requirement need not to apply,

We invite you to find out more about us on our website at www.goodyear-indonesia.com

Read More.. Label: , ,

UK based IT company for Web Designer

10.26 / Diposting oleh nivra / komentar (0)

UK based IT company has a project office in Ahmedabad for website development and software & application development on windows and web based platform. For more details about the company, visit our website Tulshi ICT Solutions. We are now looking for web designers to join already well established team. Please find the details for each as below:

Web Designer

Skill Set and Desired Profile
· The candidate must have minimum 1 years experience in using Adobe Photoshop, Flash, Dream weaver, CSS and JavaScript.
· Ability to create HTML pages from Photoshop & handling CSS efficiently.
· Good team player with a positive attitude.
· Good verbal and written communication skills.

Send us your bio-data at biodata@tulshi.co.uk with details of CTC and expected Salary

Regards,

Tulshi ICT Solutions

http://www.tulshi.co.uk

Read More.. Label: , ,